Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Pemerintah Pusat · 2 Nov 2023 WIB

Dukung Perfilman Indonesia, Kemendikbudristek Gelar Malam Anugerah Piala Citra FFI


 Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian dalam konferensi pers menuju Malam Anugerah Festival Film Indonesia 2023 di Kemendikbudristek, Kamis (2/11). RUBBIKMEDIA/HO-BKHM Kemendikbudrsitek Perbesar

Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian dalam konferensi pers menuju Malam Anugerah Festival Film Indonesia 2023 di Kemendikbudristek, Kamis (2/11). RUBBIKMEDIA/HO-BKHM Kemendikbudrsitek

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta – Setelah mengumumkan daftar nominasi pada 14 Oktober 2023, di Museum Nasional Indonesia, Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan segera berlangsung pada 14 November 2023, di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta. Mengangkat tema dan konsep “Citra” yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967, Malam Anugerah FFI 2023 akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hilmar Farid, mengatakan, penyelenggaraan FFI yang berada di bawah Kemendikbudristek menjadi mandat untuk terus memberikan dukungan konkret pada ekosistem kesenian dan kebudayaan khususnya ekosistem perfilman Indonesia.

“Selama tiga tahun terakhir, kita patut berbangga karena capaian perfilman Indonesia begitu gemilang. Baik secara capaian di industrinya dengan cerminan jumlah penonton maupun capaian secara kritik lewat kemenangan berbagai film Indonesia di ajang festival internasional. Semoga dengan selalu terselenggaranya FFI juga bisa menjadi barometer perfilman Indonesia pada masa kini dan mendatang,” kata Hilmar Farid, di Jakarta, pada Kamis (2/11).

Sementara itu, Ketua Komite FFI 2021-2023, Reza Rahadian, mengungkapkan selama tiga tahun terakhir penyelenggaraan FFI, ada banyak capaian yang telah dilalui. Capaian tersebut antara lain melakukan adaptasi pada beberapa persyaratan untuk film yang layak mendaftar, hingga hadirnya beberapa kategori baru seperti kritik dan kategori nominasi favorit pilihan penonton.

Bagi Reza, penyelenggaraan tahun ini menjadi festival terakhir untuk Komite FFI periode 2021 – 2023. “Berbagai dinamika di perfilman telah kita lalui. Semoga pada tahun terakhir periode saya menjabat, saya dan seluruh anggota komite bisa memberikan yang terbaik untuk publik, baik secara penyelenggaraan maupun penilaian untuk seluruh nominasi,” ungkap Reza.

Melalui tema dan konsep yang diangkat, yaitu ‘Citra’, Reza berharap dapat memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat, bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman Indonesia.

Adapun pada FFI 2023, Dewan Juri Akhir (DJA) diwakili dari berbagai unsur ekosistem perfilman mulai dari produser, pemeran, kritikus, hingga akademisi. Untuk DJA film cerita panjang, anggotanya adalah Agni Ariatama, Andhy Pulung, Ekky Imanjaya, J.B. Kristanto, Raihaanun, Sekar Ayu Asmara, Shanty Harmayn, dan Yayu Unru.

Sementara untuk DJA film cerita pendek, anggotanya adalah Nauval Yazid, B.W. Purba Negara, dan S.M. Gietty Tambunan. DJA film dokumenter anggotanya adalah Yuda Kurniawan Arifianto, Arfan Sabran SSI, dan Yuli Andari Merdikaningtyas.

Kemudian, DJA film animasi, anggotanya adalah Daryl Wilson, Aditya Triantoro, dan Wardana Riza, dan DJA kritik film adalah Anton Sutandio, IGAK Satrya Wibawa, dan Annisa Rachmatika Sari. Sementara itu, dewan pengabdian seumur hidup untuk film tahun ini terdiri dari Christine Hakim, J.B. Kristanto, dan Slamet Rahardjo Djarot.

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 akan semakin meriah dengan kehadiran dua musisi ternama, yaitu Iwan Fals dan Rossa. Keduanya akan membawakan lagu hit mereka dan beberapa lagu nominasi kategori lagu tema terbaik FFI 2023. Keduanya tentu akan menghadirkan hiburan bagi tamu undangan maupun publik yang menonton melalui siaran langsung.

Penyelenggaraan Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2023 juga turut mendapat dukungan dari jaringan bioskop Cinema XXI. Cinema XXI merasa bangga bisa kembali berpartisipasi pada perayaan FFI sebagai bagian dari ekosistem perfilman nasional.

Head Corporate Communications and Brand Management, Cinema XXI, Dewinta Hutagaol, berharap setelah melalui pandemi, perfilman di tanah air tetap hidup dan beragam, sehingga semakin berkembang dalam karya yang dapat dinikmati dan dicintai masyarakat Indonesia.

“Sebagai bagian dari ekosistem perfilman nasional, Cinema XXI senantiasa memberikan dukungan dan apresiasi kepada para insan perfilman tanah air. Oleh karena itu, kami bangga dapat kembali berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan Festival Film Indonesia 2023. Kami berharap melalui beragam apresiasi yang diberikan, industri film Indonesia akan semakin berkembang dan seluruh hasil karyanya pun semakin dinikmati dan dicintai oleh masyarakat Indonesia,” ungkap Dewinta.

Artikel ini telah dibaca 49 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sajikan Tayangan Budaya, Indonesiana.TV Raih Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

16 Mei 2024 - 10:15 WIB

Kemendikbudristek Apresiasi Penggarapan Film Biopik Ki Hadjar Dewantara

6 Mei 2024 - 22:44 WIB

Persiapan Telah Matang, Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal ‘Memeluk Mimpi- Mimpi’

22 April 2024 - 11:44 WIB

Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat

4 April 2024 - 17:10 WIB

Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

1 April 2024 - 14:48 WIB

Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia

30 Maret 2024 - 22:00 WIB

Trending di Kebudayaan