Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Pemerintah Pusat · 26 Okt 2023 WIB

Kemendikbudristek Apresiasi Ajang AMI Awards untuk Ekosistem Musik Nasional


 Dukungan perhelatan malam puncak acara Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) ke-26 oleh Kemendikbudristek. (RUBBIKEDIA-HO/BKHM Kemendikbudristek) Perbesar

Dukungan perhelatan malam puncak acara Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) ke-26 oleh Kemendikbudristek. (RUBBIKEDIA-HO/BKHM Kemendikbudristek)

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengapresiasi dan mendukung perhelatan malam puncak acara Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards) ke-26 bertema Merayakan Perbedaan, yang akan digelar di JIExpo Convention Centre, Jakarta, pada Rabu, 8 November 2023 mendatang. AMI Awards merupakan apresiasi kepada insan musik Indonesia terhadap karya-karyanya sehingga dapat memberikan dampak positif untuk catatan sejarah dan perkembangan industri musik Tanah Air.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek, Hilmar Farid, menuturkan bahwa karya musik yang muncul dari karya otentik musisi Tanah Air memiliki andil besar dalam memperkuat ekosistem musik Indonesia bagi generasi sekarang dan masa depan. “Maka itu dukungan Kemendikbudristek dalam malam puncak AMI Awards sebagai wujud komitmen pemerintah membangun industri seni musik nasional dan keberpihakan kepada musisi Indonesia tidak berhenti berkreasi dan berkarya demi ekosistem musik Tanah Air,” ujar Hilmar dalam pertemuan dengan media di Jakarta, Kamis (26/10).

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengatakan, musik dengan segala serangkaian sejarah dan latar belakang nilai-nilai seni budaya menjadi sisi penting yang harus mendapatkan sorotan serius dari berbagai pihak, pemerintah maupun nonpemerintah.

Menurut Mahendra, penganugerahan kepada musisi nasional atas karya-karya fenomenalnya merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap jasa dan peran mereka bagi perkembangan dan kemajuan industri musik di Indonesia. “AMI Awards diharapkan menjadi motivasi bagi musisi nasional agar dapat menciptakan karya lebih baik lagi nantinya,” tuturnya.

Mahendra menyampaikan, karya musik besar yang dibuat para musisi berkualitas di Tanah Air, selain berpengaruh pada harmonisasi seni, juga berkontrubusi pada pemajuan kebudayaan yang digalakkan pemerintah. “Kemendikbudristek menghargai semangat dan inspirasi para musisi Indonesia yang selalu melahirkan karya-karya berkualitasnya. Ide dan pemikiran kreativitas para musisi Tanah Air tersebut menambah khazanah seni nasional yang akan dikenang dalam sejarah musik Indonesia,” ujar Mahendra.

Mahendra menyebut, puncak acara AMI Awards adalah medium guna mengajak masyarakat menumbuhkan ide-idenya di bidang seni musik sehingga bermanfaat bagi perpustakaan dunia musik saat ini dan masa mendatang.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan AMI, Candra Darusman, menyampaikan, penghargaan AMI Awards kepada insan musik memiliki nilai khusus sehingga perlu selalu dipertahankan kualitas dan independesinya, bukan sekadar popularitas.

Candra mengemukakan, perkembangan musik Indonesia selama 26 tahun terakhir penyelenggaraan AMI Awards dinilai makin tumbuh pesat dan memberi pengaruh besar kepada penikmat musik Indonesia. Salah satu contohnya, kata Candra, melalui terciptanya transformasi wujud musik dari rilisan fisik menjadi digital.

“Malam puncak AMI Awards ini mari kita bersama-sama mendukung dan berselebrasi terhadap usaha kita selama setahun kebelakang dalam industri musik Indonesia. Terima kasih kepada semua musisi dan stakeholder yang berkenan memberikan dukungan,” tukas Candra.

Malam puncak AMI Awards akan diumumkan 62 kategori dan tiga penghargaan khusus yang dibagi dalam dua sesi. Malam Puncak AMI Awards ke-26 juga dapat disaksikan melalui live streaming di akun Youtube Official Anugerah Musik Indonesia/AMI Awards dan platform IndonesianaTV milik Kemendikbudristek pada pukul 12.00 WIB. (*)

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sajikan Tayangan Budaya, Indonesiana.TV Raih Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

16 Mei 2024 - 10:15 WIB

Kemendikbudristek Apresiasi Penggarapan Film Biopik Ki Hadjar Dewantara

6 Mei 2024 - 22:44 WIB

Persiapan Telah Matang, Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal ‘Memeluk Mimpi- Mimpi’

22 April 2024 - 11:44 WIB

Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat

4 April 2024 - 17:10 WIB

Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

1 April 2024 - 14:48 WIB

Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia

30 Maret 2024 - 22:00 WIB

Trending di Kebudayaan