Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Pemerintah Pusat · 12 Mar 2023 WIB

Kemendikbudristek Raih Penghargaan Sebagai Kementerian Berkomitmen pada RAN PE Award 2023


 Kemendikbudristek Raih Penghargaan Sebagai Kementerian Berkomitmen pada RAN PE Award 2023 Perbesar

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta – Sebagai bentuk apresiasi atas capaian keberhasilan selama dua tahun pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstremisme (RAN PE) serta memacu semangat seluruh pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyelenggarakan Penganugerahan Penghargaan bagi pelopor pencegahan dan penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme (RAN PE Award) tahun 2023.

Pada acara penganugerahan ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih penghargaan untuk Kategori Komitmen. Kategori ini diberikan kepada kementerian/lembaga yang konsisten memberikan kontribusi dalam pelaksanaan RAN PE di masing-masing pilar yaitu pilar pencegahan; pilar penegakan hukum, pelindungan saksi dan korban, serta penguatan kerangka legislasi nasional; serta pilar kemitraan dan kerja sama internasional.

“Terima kasih kami sampaikan kepada BNPT. Kemendikburistek meraih penghargaan kategori berkomitmen pada pilar satu yaitu pilar pencegahan,”kata Inspektur Jenderal Kemendikbudristek, Chatarina Muliana Girsang, seperti dikutip pada siaran pers Kemendikbudristek, Minggu (12/03).

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Kemendikbduristek dalam pelaksanaan RAN PE di antaranya menyosialisasikan RAN PE kepada satuan pendidikan dan menerapkan model pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan di satuan pendidikan.

“Inilah komitmen kami (Kemendikbudristek) dalam menjaga generasi bangsa, calon penerus bangsa yaitu para pelajar dan mahasiswa untuk tidak terlibat dalam aksi terorisme. Hal ini sejalan dengan program kami, sebagai upaya untuk mewujudkan karakter Pelajar Pancasila,” tutur Chatarina.

Melalui RAN PE Awards 2023, Kepala BNPT, Boy Rafli Amar mengatakan acara ini sebagai penghargaan kepada pihak yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2021 tentang RAN PE. “Pada kesempatan hari ini kita dipertemukan kembali dalam pemberian penghargaan terhadap mereka-mereka yang memiliki komitmen yang tinggi dalam pelaksanaan rencana aksi nasional penanggulangan ekstremisme berbasis kekerasan sebagaimana yang diatur di dalam Perpres Nomor 7 tahun 2021 yang diagendakan berjalan dari tahun 2020-2024,” kata Boy dalam sambutannya.

Boy menerangkan pelaksanaan Perpres ini merupakan ikhtiar berlapis yang dilaksanakan BNPT di samping program rutinnya. Boy juga mengatakan BNPT dan juga kementerian serta lembaga terus bersinergi untuk menepis penyebarluasan paham ideologi berbasis kekerasan atau ekstremisme berbasis kekerasan yang merupakan suatu ikhtiar pada tingkat hulu.

“Kita juga melaksanakan program tim-tim sinergitas di kementerian, lembaga yang juga ditopang dari unsur-unsur pemerintahan daerah dan masyarakat dan mitra-mitra kita, baik dalam dan luar negeri agar kita bisa maksimal dalam menepis penyebarluasan paham ideologi berbasis kekerasan atau ekstrimisme berbasis kekerasan yang merupakan suatu ikhtiar pada tingkat hulu,” ujar Boy.

RAN PE Awards 2023 dihadiri 400 orang perwakilan dari 48 kementerian/lembaga, pemerintah daerah, Kedutaan Besar negara sahabat, serta organisasi masyarakat sipil. Acara ini merupakan kolaborasi Sekretariat Bersama RAN PE, The United Nations Development Programme (UNDP), Australia Indonesia Partnership for Justice (AIPJ2), I-KHub, dan Wahid Foundation.

Terdapat empat kategori penerima penghargaan. Pertama, kategori inisiator pelaksanaan RAN PE yang diberikan kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang menginisiasi pelaksanaan RAN PE. Di tingkat pusat, penghargaan ini diberikan kepada Kemendagri dan Komnas Perempuan. Kemudian di tingkat daerah, penghargaan diberikan kepada Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Aceh, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Kota Surakarta, dan Kota Bandung.

Kategori kedua adalah kategori berkomitmen, diberikan kepada kementerian/lembaga yang konsisten dalam memberikan kontribusi terkait RAN PE di masing-masing pilar. Penghargaan kategori berkomitmen pada pilar satu yaitu pencegahan diberikan kepada Kemendikbudristek. Pilar dua yaitu penegakan hukum, pelindungan saksi dan korban, dan penguatan kerangka legislasi nasional diberikan kepada Kejaksaan Agung. Sementara itu, pilar tiga yaitu kemitraan dan kerja sama internasional diberikan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Selanjutnya Kategori Inisiator Program Berkelanjutan, diberikan kepada kementerian/lembaga dan organisasi masyarakat yang memiliki program berdampak dan berkelanjutan. Penghargaan ini diberikan kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri), AMAN Indonesia dan Peace Generation.

Kategori yang terakhir adalah Kategori Inisiator Kolaborasi Multipihak yakni penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan organisasi masyarakat yang aktif berkolaborasi dalam pelaksanaan RAN PE. Penghargaan ini diberikan kepada Wahid Foundation melalui program Sekolah Damai bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih melalui program rehabilitasi dan reintegrasi bagi narapidana dan mantan narapidana terorisme.

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sajikan Tayangan Budaya, Indonesiana.TV Raih Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

16 Mei 2024 - 10:15 WIB

Kemendikbudristek Apresiasi Penggarapan Film Biopik Ki Hadjar Dewantara

6 Mei 2024 - 22:44 WIB

Persiapan Telah Matang, Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal ‘Memeluk Mimpi- Mimpi’

22 April 2024 - 11:44 WIB

Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat

4 April 2024 - 17:10 WIB

Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

1 April 2024 - 14:48 WIB

Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia

30 Maret 2024 - 22:00 WIB

Trending di Kebudayaan