Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Pemerintah Pusat · 13 Mar 2023 WIB

Kolaborasi Antarpemangku Kebijakan Ciptakan Guru Profesional Berkelanjutan


 Kolaborasi Antarpemangku Kebijakan Ciptakan Guru Profesional Berkelanjutan Perbesar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan calon guru yang akan ditempatkan di semua jenjang satuan pendidikan, salah satunya lewat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan.

“PPG Pra Jabatan merupakan program prioritas Direktorat Jenderal (Ditjen) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Selain itu, Kemendikbudristek telah menghitung dan selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait pemenuhan kebutuhan guru,” disampaikan Direktur Jenderal (Dirjen) Kemendikbudristek, Nunuk Suryani dalam audiensi dengan Walikota Bandar Lampung, seperti dikutip pada siaran pers Kemendikbudristek, Senin (13/03).

Dirjen Nunuk mengatakan di Kota Bandar Lampung memiliki talenta Guru Penggerak cukup banyak, namun hanya sedikit yang telah diangkat menjadi kepala sekolah. “Oleh sebab itu, tujuan kami melakukan audiensi yaitu hendak mendorong Pemerintah Kota Bandar Lampung untuk melakukan akselerasi program tersebut,” ungkapnya seraya mengapresiasi komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Bandar Lampung yang terus secara aktif mendorong terciptanya guru profesional di Bandar Lampung.

Sumber foto: BKHM/Kemendikbudristek

“Kemendikbudristek tidak dapat bekerja sendirian dalam mencetak dan menyediakan guru profesional sesuai kebutuhan daerah. Lewat PPG Pra Jabatan Model Baru, calon guru asal daerah masing-masing yang telah lolos dipastikan direkrut oleh Pemda setempat untuk selanjutnya ditugaskan sesuai formasi yang diajukan ke pusat,” tegas Nunuk.

Terkait dengan kebutuhan penyediaan anggaran guna peningkatan kompetensi guru, Nunuk juga menjelaskan bahwasanya diperlukan kolaborasi pendanaan antara pemerintah pusat dan daerah. “Dengan adanya kolaborasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), maka akan banyak ruang untuk elaborasi dalam hal pengajuan formasi dan penggajian guru,” tegasnya.

Apresiasi atas program prioritas Ditjen GTK disampaikan oleh Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana. “Pemerintah Kota Bandar Lampung berkomitmen menyediakan anggaran untuk meningkatkan kompetensi guru serta tidak melupakan pembentukan karakter dan akhlak siswa,” ujar Eva.

Eva turut merespons ajakan Dirjen GTK perihal kolaborasi pendanaan guna peningkatan kompetensi guru. “Saat ini Kota Bandar Lampung menjadi daerah percontohan nasional dalam hal investasi insan bidang pendidikan. Terkait usulan kolaborasi pendanaan, Pemkot Bandar Lampung akan merumuskan formulasi yang tepat sesuai perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendididikan Dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Eka Afriana, mengatakan bahwa dengan adanya program Guru Penggerak memantik terciptanya guru yang profesional. “Saat ini di Kota Bandar Lampung telah memiliki 30 sekolah yang terdaftar sebagai Sekolah Penggerak. “Di tahun 2023, kami sedang menunggu Surat Keputusan (SK) atas 242 sekolah untuk melakukan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jalur Merdeka Mandiri,” pungkas Eka.

Sumber foto: BKHM/Kemendikbudristek

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 123/sipres/A6/III/2023

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sajikan Tayangan Budaya, Indonesiana.TV Raih Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

16 Mei 2024 - 10:15 WIB

Kemendikbudristek Apresiasi Penggarapan Film Biopik Ki Hadjar Dewantara

6 Mei 2024 - 22:44 WIB

Persiapan Telah Matang, Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal ‘Memeluk Mimpi- Mimpi’

22 April 2024 - 11:44 WIB

Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat

4 April 2024 - 17:10 WIB

Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

1 April 2024 - 14:48 WIB

Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia

30 Maret 2024 - 22:00 WIB

Trending di Kebudayaan