Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Opini · 24 Apr 2023 WIB

Membangun Masa Depan Yang Berkelanjutan Memerlukan Kesetaraan Antara Perempuan dan Laki-laki


 Membangun Masa Depan Yang Berkelanjutan Memerlukan Kesetaraan Antara Perempuan dan Laki-laki Perbesar

Rahma Shalsabila Eka Putri, Mahasiswi UIN Salatiga  | Opini

Membangun masa depan yang berkelanjutan merupakan tantangan besar bagi manusia di seluruh dunia. Dalam menghadapi percepatan perubahan iklim, kelangkaan sumber daya, dan masalah kesehatan global, penting untuk memastikan bahwa kita bertindak untuk menciptakan dunia yang berkelanjutan.

Kunci untuk mencapai tujuan ini adalah memastikan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.

Sebuah laporan Bank Dunia menyatakan bahwa memberi perempuan akses yang sama untuk bekerja, pendidikan, dan tata kelola dapat membantu mengurangi kemiskinan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup keluarga dan komunitas mereka.

Dalam hal ini, peran perempuan sangat penting untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. Perempuan memiliki potensi yang tidak terbatas dan kesetaraan gender dapat membantu mereka mewujudkan potensi tersebut. Banyak masyarakat memandang perempuan sebagai obyek, bukan subyek dengan pilihan dan kemampuan kepemimpinan.

Kesetaraan gender dapat membantu mengubah pandangan tersebut dengan memberdayakan perempuan untuk berperan aktif dalam masyarakat dan mencari solusi atas permasalahan dunia saat ini.

Selain itu, kesetaraan gender juga dapat membantu mengurangi ketidakadilan sosial. Banyak perempuan menghadapi diskriminasi dan dikecualikan dari akses ke sumber daya dan peluang. Ini dapat mencegah mereka mempromosikan keberlanjutan.

Dengan memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki, kita dapat mempersempit kesenjangan ini dan berkontribusi pada masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan.

Kesetaraan gender juga dapat membantu membangun perdamaian dan keamanan yang langgeng. Ketika perempuan dan laki-laki diperlakukan sama dan memiliki kesempatan dan sumber daya yang sama, mereka lebih mungkin bekerja sama dan saling mendukung dalam membangun perdamaian dan keamanan yang berkelanjutan.

Kesimpulannya adalah untuk membangun masa depan yang berkelanjutan kita membutuhkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Kesetaraan gender dapat membantu mengurangi kemiskinan, mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat di seluruh dunia.

Selain itu, kesetaraan gender juga dapat membantu mengurangi ketidakadilan sosial dan menciptakan perdamaian dan keamanan yang berkelanjutan.

Dengan memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan dan laki-laki, kita dapat mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan menciptakan dunia yang lebih baik untuk semua.

Opini ini sepenuhnya mewakili opini pribadi si penulis dan tidak mewakili redaksi.

Artikel ini telah dibaca 153 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kajian Yuridis Hukum Lingkungan Terhadap Permasalahan Pencemaran Yang Terjadi di Sungai Kecamatan Dukupuntang

29 Februari 2024 - 14:41 WIB

Kriminalisasi Seksual Terhadap Jurnalis Perempuan di Indonesia

16 Februari 2024 - 10:54 WIB

Perlindungan Hukum Anak Di Bawah Umur Dalam Tindak Pidana Cyber

16 Februari 2024 - 10:49 WIB

Upaya Pertanggungjawaban dan Perlindungan Hukum Terhadap Perempuan Dalam Jaringan Tindak Pidana Peredaran Narkotika

16 Februari 2024 - 10:44 WIB

Bawaslu Wajib Lakukan Pembinaan Jajaran Pengawas Pemilu: Upaya Optimis Tingkatkan Kinerja di Pemilu 2024

26 Januari 2024 - 10:30 WIB

Penilaian Kritis 100 Hari Kepemimpinan: Kecaman Terhadap Langkah Politik Pragmatis PP IPM di Era Politik 2024

19 Januari 2024 - 22:38 WIB

Trending di Opini