Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Pemerintah Pusat · 25 Mei 2023 WIB

Mendikbudristek Dulang Dukungan Menteri dan Senat Prancis untuk Perbanyak Kerja Sama


 Nadiem Anwar Makarim dalam kunjungan kerjanya di Paris, Dok/Kemendikbudristek RI Perbesar

Nadiem Anwar Makarim dalam kunjungan kerjanya di Paris, Dok/Kemendikbudristek RI

RUBBIKMEDIA.COM – Paris, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dalam kunjungan kerjanya di Paris, Prancis bertemu dengan Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas), Pap Ndiaye; Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset (Mendiktiris), Slyvie Retaileau; dan Kelompok Persahabatan Indonesia-Prancis di Senat (dewan perwakilan rakyat) Prancis.

“Tujuan pertemuan-pertemuan ini adalah untuk menindak lanjuti berbagai kerja sama yang sedang berjalan dan untuk membuka peluang baru kerja sama di bidang pendidikan,” ujar Mendikbudristek.

“Ada beberapa poin pembahasan kerja sama baru yang tujuannya adalah agar peserta didik Indonesia mendapatkan manfaat nyata secara cepat dan pada nantinya mampu menjamin masa depan Indonesia,” kata Mendikbudristek.

Bersama Mendiknas Pap Ndiaye, Menteri Nadiem membahas agar Joint Working Group (kelompok kerja bersama) bidang pendidikan dasar dan menengah dengan Kemendiknas Prancis dapat menghasilkan manfaat nyata, utamanya soal pendidikan vokasi dan pusat pelatihan guru.

Pada kesempatan terpisah, Mendiktiris Prancis menyampaikan optimismenya terhadap terobosan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Belajar setelah Menteri Nadiem menjelaskan peluang-peluang kerja sama yang tersedia.

Kepada Menteri Slyvie, Menteri Nadiem menyampaikan harapannya. “Tujuan jangka pendek kami adalah untuk menambah jumlah mahasiswa Indonesia yang studi dan mendapatkan pengalaman kerja di Prancis dengan mekanisme pendanaan bersama, lebih banyak universitas dan politeknik di Prancis yang menerima mahasiswa, dan lebih banyak lagi kerja sama riset,” tandas Mendikbudristek.

Adapun sektor kerja sama pelatihan dan pendidikan yang disasar Mendikbudristek adalah yang menjadi visi Presiden Joko Widodo untuk menjamin masa depan Indonesia, yakni sektor ekonomi hijau, ekonomi biru, kesehatan, dan pariwisata.

Di Paris, Menteri Nadiem juga menghadiri pertemuan dengan Kelompok Persahabatan Prancis-Indonesia di Senat (dewan perwakilan rakyat) Prancis dan menyampaikan hasil-hasil pertemuan sebelumnya.

Para wakil rakyat Prancis tersebut menyatakan intensi mendukung secara legislasi maupun anggaran untuk pemerintah Prancis bekerja sama dengan Kemendikbudristek.

“Kami sangat tertarik dengan kemajuan yang dilakukan Anda (Mendikbudristek),” ungkap Senator Marc Philippe Daubresse yang menginginkan semakin bertambahnya pertukaran pengetahuan antar  Indonesia dengan Prancis.

“Dukungan dari Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset, serta Senat Prancis akan segera kami tindak lanjuti agar transformasi Merdeka Belajar yang sedang kita kerjakan bersama semakin nyata dirasakan mafaatnya,” tutup Menteri Nadiem.

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sajikan Tayangan Budaya, Indonesiana.TV Raih Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

16 Mei 2024 - 10:15 WIB

Kemendikbudristek Apresiasi Penggarapan Film Biopik Ki Hadjar Dewantara

6 Mei 2024 - 22:44 WIB

Persiapan Telah Matang, Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal ‘Memeluk Mimpi- Mimpi’

22 April 2024 - 11:44 WIB

Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat

4 April 2024 - 17:10 WIB

Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

1 April 2024 - 14:48 WIB

Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia

30 Maret 2024 - 22:00 WIB

Trending di Kebudayaan