Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Kepemudaan · 22 Mei 2023 WIB

Dorong Partisipasi Aktif Generasi Muda Dalam Literasi di Indonesia, Gerbasi selenggarakan Acara “Temu Sapa Gerbasi 2023”


 Acara Temu Sapa Gerbasi 2023 dengan tema Perbesar

Acara Temu Sapa Gerbasi 2023 dengan tema "Membangun Semangat Literasi Generasi Muda Untuk Meningkatkan Literasi di Indonesia" (21/5).

RUBBIKMEDIA.COM – Jakarta, Gerakan Bangkit Literasi (Gerbasi) menyelenggarakan acara Temu Sapa Gerbasi 2023 dengan tema “Membangun Semangat Literasi Generasi Muda Untuk Meningkatkan Literasi di Indonesia”. Acara tersebut diselenggarakan di Rumah RD3 Jakarta Selatan, pada Minggu 21 Mei 2023.

Acara ini merupakan sebuah pertemuan penting yang memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk bertemu, berbagi ide, serta memperkuat jaringan dalam mengembangkan literasi di Indonesia, khususnya melalui partisipasi aktif generasi muda.

Rangkaian acara dimulai dengan pemaparan sejarah Gerbasi, nilai dan visi misi gerakan, oleh Direktur Eksekutif Gerbasi, Yogi Fahmi. Selanjutnya acara Talk Show dan sharing session bersama Ka Prima Dita Rahma, seorang tokoh perempuan muda yang aktif dalam menulis dan peduli tentang literasi di Indonesia, dengan pembahasan “Pentingnya Peran Generasi Muda Untuk Literasi di Indonesia”.

Dalam sesi ini, Ka Prima Dita Rahma berbagi wawasan dan pengalaman mengenai pentingnya peran generasi muda dalam meningkatkan literasi di Indonesia. Para peserta acara mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi dalam membangun semangat literasi di kalangan generasi muda.

Ia juga menyampaikan bahwa banyak sekali manfaat yang didapat ketika kita mengikuti kegiatan komunitas literasi.

“Dengan adanya komunitas atau partner, kalian itu punya yang namanya motivasi lebih khususnya dalam membaca buku. Selanjutnya, komunitas literasi itu berperan besar dalam membangun personality kalian sebagai pembaca atau sebagai penulis. Jadinya kita memiliki identitas dan memperkaya perspektif kita,” ujar Kak Prima, sapaan akrabnya.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan kegiatan Forum Group Discussion melalui kegiatan Diskusi kelompok, yang membahas permasalahan literasi di Indonesia serta merumuskan rencana aksi yang akan dilakukan.

Para peserta, terdiri dari anggota Gerbasi mulai berdiskusi secara intensif untuk mengidentifikasi kendala dan tantangan dalam meningkatkan literasi di Indonesia.

Melalui diskusi ini, diharapkan tercipta kolaborasi yang kuat untuk menyusun rencana aksi yang komprehensif guna mendorong peningkatan literasi di Indonesia.

Temu Sapa Gerbasi 2023 ini menjadi momentum berharga dalam mendukung visi pendidikan Indonesia untuk memajukan literasi di kalangan generasi muda. Peningkatan literasi generasi muda merupakan fondasi yang kuat untuk pembangunan sosial, ekonomi, dan budaya yang berkelanjutan di Indonesia.

Dengan memperkuat kesadaran dan semangat literasi di kalangan generasi muda, kita dapat menciptakan masyarakat yang terdidik, kreatif, dan berdaya saing tinggi.

Temu Sapa Gerbasi 2023 ini berupaya menciptakan semangat generasi muda di mana para peserta dapat saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide untuk mewujudkan perubahan positif di bidang literasi.

Yogi Fahmi selaku Direktur Eksekutif Gerbasi, berkomitmen bahwa gerakan ini akan terus mendorong inisiatif dan kegiatan yang berkaitan dengan literasi di Indonesia. Melalui kegiatan seperti Temu Sapa Gerbasi 2023, dan program lainnya, Gerbasi ingin memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan tingkat literasi di Indonesia.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam Temu Sapa Gerbasi 2023. Acara ini menjadi langkah awal yang sangat positif dalam upaya meningkatkan literasi generasi muda di Indonesia. Melalui kolaborasi yang erat antara pemerintah, lembaga pendidikan, komunitas literasi, dan masyarakat umum, kita dapat menciptakan perubahan yang signifikan dalam membangun semangat literasi di kalangan generasi muda,” ujarnya.

Dengan melibatkan berbagai pihak, Gerbasi ingin mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya meningkatkan literasi, baik melalui pembacaan, penulisan, maupun pengembangan keterampilan literasi lainnya.

Selain itu, Yogi juga berharap bahwa kegiatan ini juga untuk membangun semangat teman-teman pengurus dalam mewujudkan tujuan Gerbasi.

“Yang pasti, point utamanya untuk membangun semangat teman-teman pengurus dalam mewujudkan tujuan Gerbasi. Karena dengan Kegiatan ini, teman-teman diberikan pengenalan mengenai sejarah awal dibentuknya Gerbasi. Kemudian talkshow yang mengenai isu literasi di Indonesia, yang mudah-mudahan, ini juga bisa membangun semangat teman-teman untuk meningkatkan minat literasinya sebelum terjun langsung ke masyarakat,” ujar Yogi.

Gerbasi mengajak semua pihak, termasuk individu, organisasi, dan lembaga, untuk bergabung dan berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi ini.

Bersama-sama, kita dapat menciptakan budaya literasi yang kuat dan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi generasi muda Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka dan berkontribusi secara positif dalam membangun masa depan Indonesia. (amn)

Artikel ini telah dibaca 237 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah

1 April 2024 - 14:48 WIB

PB HMI MPO Angkat Suara Hadapi Tantangan Politik Menjelang Pemilu 2024

12 Februari 2024 - 23:24 WIB

DPD IMM Se Indonesia, Sah! Immawan Zaki Nugraha Maju Sebagai Calon Ketua Umum DPP IMM

4 Desember 2023 - 19:10 WIB

Profil Mahfut Khanafi, Aktivis Fokus Literasi dan Ketua Umum PB HMI MPO

23 November 2023 - 00:02 WIB

Perayaan Satu Tahun Gerbasi: Membangkitkan Semangat Literasi Melalui Sains dan Pendidikan Anti Bullying

28 Oktober 2023 - 20:11 WIB

“Setih Setia” Drama Musikal Sejarah Perjuangan Sultan Thaha Syaifudin

27 Oktober 2023 - 19:33 WIB

Trending di Pemerintah Pusat