Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Teknologi · 8 Agu 2023 WIB

10 Agustus, Momen Membangkitkan Teknologi Nasional yang Terarah


 10 Agustus, Momen Membangkitkan Teknologi Nasional yang Terarah Perbesar

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta – Pada 10 Agustus, setiap tahunnya, kita merayakan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) untuk menghormati tonggak sejarah dalam perkembangan teknologi di negara kita. Hakteknas sendiri ditandai dengan pelaksanaan terbang perdana (first flight) pesawat N-250 Gatotkaca rancangan BJ Habibie pada 10 Agustus 1995 di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat.

Penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus itu dilakukan oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Atas keberhasilan tersebut, pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 71 Tahun 1995 tentang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Tahun 2023 tidak hanya menjadi momen perayaan, tetapi juga mengingatkan kita tentang pentingnya inovasi digital dan transformasi dalam membentuk masa depan yang lebih cerah dan juga terarah. Inovasi digital telah menjadi pendorong utama perubahan di berbagai bidang, membuka pintu menuju peluang baru dan meningkatkan efisiensi serta produktivitas.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas bagaimana inovasi digital dan transformasi mendorong perubahan, mengilustrasikan dampaknya di berbagai sektor, dan menyoroti pentingnya persiapan dalam menghadapi tantangan masa depan.

Inovasi Digital

Inovasi digital telah mengubah cara kita berinteraksi, bekerja, dan hidup. Dari revolusi industri hingga era informasi, perkembangan teknologi terus merombak lanskap sosial dan ekonomi. Namun, pada masa kini, inovasi digital muncul sebagai kekuatan pendorong utama transformasi yang lebih cepat dan mendalam. Teknologi seperti kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), komputasi awan, dan blockchain telah membuka pintu untuk solusi yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Inovasi seperti telemedicine memungkinkan pasien untuk berkomunikasi dengan dokter secara virtual, mengatasi hambatan jarak dan meningkatkan akses ke layanan kesehatan. Di bidang pertanian, sensor IoT dapat memberikan informasi real-time tentang kondisi tanaman, membantu petani meningkatkan hasil panen dan efisiensi. Dalam industri manufaktur, otomatisasi yang didukung oleh AI dan robotik telah mengubah cara produksi, meningkatkan kualitas produk dan mengurangi kesalahan manusia.

Banyak pula karya anak bangsa melalui perguruan tinggi Indonesia seperti Robot RAISA (ITS), Covent-20 (UI), Gentayu (Undip), GeNose C19 (UGM), Atraktor Cumi-Cumi (IPB), dan banyak lagi, yang perannya sangat signifikan bagi masyarakat.

Transformasi Digital Menuju Masa Depan yang Berkelanjutan

Transformasi digital adalah kunci menuju masa depan yang berkelanjutan. Negara-negara yang berhasil mengadopsi dan memanfaatkan inovasi digital dengan bijak akan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di era global yang semakin terhubung. Namun, transformasi ini juga datang dengan tanggung jawab untuk memastikan bahwa manfaatnya merata di seluruh lapisan masyarakat.

Pemerintah, sektor swasta, dan lembaga pendidikan perlu bersinergi dalam mempersiapkan tenaga kerja dengan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tuntutan teknologi baru. Program pelatihan dan pendidikan yang berfokus pada literasi digital, pemrograman, analisis data, dan kepemimpinan teknologi sangat penting. Selain itu, perlunya kebijakan yang mendorong inklusivitas teknologi perlu ditekankan, memastikan bahwa akses dan manfaat teknologi dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Menyongsong Tantangan Masa Depan

Saat kita merayakan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional setiap 10 Agustus, penting untuk merenungkan perjalanan yang telah kita tempuh dan merencanakan langkah-langkah berikutnya dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan dan peluang. Transformasi digital adalah proses berkelanjutan yang membutuhkan kreativitas, adaptabilitas, dan kerja sama lintas sektor.

Dengan inovasi digital sebagai tonggak utama, kita dapat membentuk sistem kesehatan yang lebih efisien, industri yang lebih berkelanjutan, kota yang lebih smart, dan masyarakat yang saling terkoneksi.

Melalui pendidikan, pelatihan, dan kebijakan yang bijaksana, kita dapat memastikan bahwa tidak ada yang tertinggal dalam perjalanan menuju masa depan yang cerah dan terarah demi mencapai mimpi-mimpi anak negeri. [*]

Artikel ini telah dibaca 39 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gerbasi Ajak Anak Muda Beradaptasi dengan AI dalam Literasi dan Menumbuhkan Kreativitas Menulis

4 September 2023 - 14:32 WIB

5 Cara Memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2023

9 Agustus 2023 - 17:10 WIB

5 Inovasi Teknologi Karya Perguruan Tinggi

8 Agustus 2023 - 17:15 WIB

Pesawat N250 Gatotkaca: Tonggak Sejarah Kebangkitan Teknologi Pertama Indonesia

7 Agustus 2023 - 17:07 WIB

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2023: Mendorong Inovasi dan Kemajuan Bangsa

7 Agustus 2023 - 17:02 WIB

Inovasi Teknologi Kampas Rem Berbasis AI Jadi Sorotan di Hannover Messe 2023

1 Mei 2023 - 12:55 WIB

Trending di Pemerintah Pusat