Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Teknologi · 8 Agu 2023 WIB

5 Inovasi Teknologi Karya Perguruan Tinggi


 Uji coba robot RAISA. Foto/dikti.kemdikbud.go.id/ Perbesar

Uji coba robot RAISA. Foto/dikti.kemdikbud.go.id/

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta – Inovasi teknologi perguruan tinggi Indonesia merupakan pendukung dan menjadi bagian dari Hari Kebangkitan Teknologi Nasional. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus adalah momen penting yang merayakan prestasi dan upaya dalam memajukan bidang teknologi di Indonesia.

Perguruan tinggi di negeri ini telah berperan sentral dalam mendorong inovasi teknologi yang memberikan dampak positif pada perkembangan nasional.

Peran Perguruan Tinggi dalam Inovasi Teknologi

Perguruan tinggi di Indonesia bukan hanya pusat pembelajaran, tetapi juga sarana untuk menciptakan, mengembangkan, dan menerapkan inovasi teknologi. Inovasi-inovasi ini merangkum berbagai bidang, dari kesehatan, pertanian, energi, hingga komunikasi. Beberapa perguruan tinggi telah menghasilkan solusi-solusi kreatif yang menjawab tantangan nyata yang dihadapi oleh masyarakat.

Inilah 5 perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil menciptakan inovasi-inovasi teknologi mengesankan, antara lain:

1. Robot RAISA
Institut Teknologi Surabaya (ITS) berkolaborasi dengan Universitas Airlangga menciptakan Robot Medical Assistant ITS-Airlangga (RAISA) yang didesain mampu mengirimkan berbagai keperluan pasien. Mulai dari obat, alat pelindung diri berupa face shield, makanan dan lain sebagainya. RAISA ini dikendalikan menggunakan remote control dari jarak jauh dengan joystick.

2. Covent-20
Teknolohgi satu ini merupakan Ventilator Transport Lokal yang dikembangkan oleh Tim Ventilator Universitas Indonesia. Telah dinyatakan lulus uji klinis manusia dari Kementerian Kesehatan pada 15 Juni 2020.

3. Gentayu
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip) mengembangkan mobil hemat energi dengan nama Gentayu. Mobil ini masuk finalis tiga besar pada gelaran Kontes Mobil Hemat Energi 2021 yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

4. GeNose C19
Alat berkelas libas virus beringas (Covid-19) yang dibuat khusus oleh para ahli dari Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk mendeteksi infeksi virus Corona melalui embusan napas.

5. Atraktor Cumi-Cumi
Sebuah teknologi termutakhir yang dikembangkan oleh Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan tujuan untuk memperkaya sumber daya cumi-cumi di suatu kawasan perairan.

Inilah 5 inovasi teknologi karya anak negeri yang dihasilkan melalui perguruan tinggi. Tentunya berbagai inovasi teknologi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi di Indonesia memiliki potensi besar untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi oleh masyarakat dan industri. Melalui kolaborasi antara perguruan tinggi, industri, dan pemerintah, inovasi-inovasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan diimplementasikan secara luas, memberikan dampak positif yang signifikan bagi negara dan masyarakat.

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini, mari kita apresiasi dan dukung inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi Indonesia. Dengan terus mendorong kolaborasi antara akademisi, industri, dan pemerintah, kita dapat menjadikan teknologi sebagai salah satu pilar utama dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang berinovasi dan maju secara teknologi. [*]

Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Gerbasi Ajak Anak Muda Beradaptasi dengan AI dalam Literasi dan Menumbuhkan Kreativitas Menulis

4 September 2023 - 14:32 WIB

5 Cara Memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2023

9 Agustus 2023 - 17:10 WIB

10 Agustus, Momen Membangkitkan Teknologi Nasional yang Terarah

8 Agustus 2023 - 17:21 WIB

Pesawat N250 Gatotkaca: Tonggak Sejarah Kebangkitan Teknologi Pertama Indonesia

7 Agustus 2023 - 17:07 WIB

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional 2023: Mendorong Inovasi dan Kemajuan Bangsa

7 Agustus 2023 - 17:02 WIB

Inovasi Teknologi Kampas Rem Berbasis AI Jadi Sorotan di Hannover Messe 2023

1 Mei 2023 - 12:55 WIB

Trending di Pemerintah Pusat