Menu

Mode Gelap
Kabar Gembira! Mendikbudristek Batalkan Kenaikan UKT Mahasiswa Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024

Pemilu dan Demokrasi · 19 Jan 2024 WIB

Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta Dorong Bawaslu, Pemprov, beserta seluruh Peserta Pemilu Tertibkan APK yang melanggar aturan


 Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menerima kedatangan Aliansi Pegiat Pemilu di kantor yang berlokasi di Jalan Letjen MT Haryono, Jakarta. Dok/Istimewa Perbesar

Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menerima kedatangan Aliansi Pegiat Pemilu di kantor yang berlokasi di Jalan Letjen MT Haryono, Jakarta. Dok/Istimewa

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta – Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta mendatangi kantor Bawaslu Provinsi DKI Jakarta pada Kamis, 18 Januari 2024. Kedatangan para pemantau Pemilu itu melaporkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang bertebaran di tempat-tempat yang dilarang Peraturan pemilu dan peraturan Daerah

Lembaga Kajian Sosial dan Politik (Lejistik), Muhammad Jufri, menilai maraknya APK yang terpasang di jalan jalan protokol provinsi DKI Jakarta menyalahi UU 7 Tahun 2017, Peraturan KPU No. 17 Tentang Kampanye, Peraturan Bawaslu No. 11 Tentang Pengawasan Kampanye dan SK KPU DKI No. 363 Tentang Alokasi Pemasangan APK.

“Maka dengan ini para mantan Bawaslu se-DKI Jakarta melaporkan pelanggaran tersebut kepada Bawaslu Provinsi DKI Jakarta,” ujar mantan Ketua Bawaslu DKI Jakarta di sebaran press release yang teesebar.

Tidak hanya menyalahi aturan, terdapat juga APK yang telah memakan korban. Dikutip dari cnnindonesia.com, pasangan kakek nenek mengalami cedera serius ketika berkendara motor saat melintas di flyover Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, usai tersangkut bendera partai politik pada Rabu, 17 Januari 2024.

Ahamd Zubaidillah mantan anggota Bawaslu Jakarta Barat menilai Bawaslu sudah sepatutnya melakukan tindakan dengan maraknya APK yang melanggar dan mengancam keselamatan masyarakat pengguna jalan.

“Jika perlu, Bawaslu “negosiasi” dengan peserta Pemilu dan Pemerintah Daerah untuk penertiban terkait APK ini,” pungkas Direktur Bintang Muda Nusantara (Bidara) yang masuk pada Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta itu.

Muchtar Taufiq yang tergabung dalam Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta mewakili Pengawal Demokrasi Nusantara (Pedenus) merespon atas APK yang terpasang tidak sesuai aturan. Muchtar meminta pihak Bawaslu DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi beserta jajarannya dan partai politik beserta seluruh peserta Pemilu, agar bisa melihat Pemilu dari sisi kemanusiaan bukan sebatas politik an sich.

“Setelah adanya korban gegara pemasangan APK sembarangan, jangan ditambah lagi memberi kesan jelek dengan cara abai terhadap etika, estetika dan aturan hukum yang berlaku sehingga masyarakat antipati dengan namanya Pemilu,” tegas mantan Ketua Bawaslu Jakarta Selatan itu.

Sementara itu, Bawaslu Provinsi DKI Jakarta menerima kedatangan Aliansi Pegiat Pemilu di kantor yang berlokasi di Jalan Letjen MT Haryono atas laporan terkait maraknya APK berbahaya di wilayah DKI Jakarta.

“Laporan ini akan kami tindak lanjuti,” ucap Benny Sabdo, Anggota Bawaslu Provinsi DKI Jakarta.

Adapun Lembaga yg tergabung ‘Aliansi Peduli Pemilu Jakarta’ yg ikut hadir  pada kesempatan itu diantaranya ialah, Muhammad Jufri  (LEJISTIK). Mochamad Dimyati (APD Jakut). Ahmad Zubadillah bedilah (BIDARA). Muchtar Taufiq (PE-DE-NUS). Tami Widi Astuti (APD Jaktim), Oding Junaidi (Gardapoli DKI Jakarta). (*)

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

PB HMI MPO Angkat Suara Hadapi Tantangan Politik Menjelang Pemilu 2024

12 Februari 2024 - 23:24 WIB

PEDENUS: Hak Pilih Difabel Dijamin UU

2 Februari 2024 - 18:04 WIB

Bawaslu Jakarta Utara Mengadakan TOT Bimtek PTPS Dalam Kegiatan Penguatan Kelembagaan

31 Januari 2024 - 13:57 WIB

Bawaslu Wajib Lakukan Pembinaan Jajaran Pengawas Pemilu: Upaya Optimis Tingkatkan Kinerja di Pemilu 2024

26 Januari 2024 - 10:30 WIB

Usai Umumkan Lulus Syarat Berkas Administrasi: Bawaslu Jakarta Barat Lakukan Koordinasi Jelang Persiapan Tahapan Wawancara PTPS

10 Januari 2024 - 20:13 WIB

PE-DE-NUS Kritik Penyelenggara Pemilu, Abaikan Tupoksi, Sibuk dengan Internal Sendiri

3 Desember 2023 - 13:10 WIB

Trending di Pemilu dan Demokrasi