Menu

Mode Gelap
Kabar Gembira! Mendikbudristek Batalkan Kenaikan UKT Mahasiswa Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024

Pemilu dan Demokrasi · 31 Jan 2024 WIB

Bawaslu Jakarta Utara Mengadakan TOT Bimtek PTPS Dalam Kegiatan Penguatan Kelembagaan


 Bawaslu Jakut menggelar kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan di Jakarta, Rabu (31/1). (Rubbik Media - HO/Bawaslu Jakut) Perbesar

Bawaslu Jakut menggelar kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan di Jakarta, Rabu (31/1). (Rubbik Media - HO/Bawaslu Jakut)

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar kegiatan Fasilitasi Pembinaan dan Penguatan Kelembagaan di Hotel Grand Dafam Ancol, pada Rabu (31/1).

Kegiatan ini juga sebagai TOT Bimtek PTPS yang bertujuan memperkuat kelembagaan melalui Fasilitasi Pembinaan, sehingga memberikan kontribusi signifikan dalam membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip demokrasi dan integritas pada pemilihan umum tahun 2024.

Dalam keterangannya Anggota Bawaslu Jakarta Utara, Nur Hamidah mengatakan seluruh Pengawas Pemilu di Jakarta Utara hingga Staf harus mendapatkan pemahaman mendalam terkait aturan pemungutan dan perhitungan suara.

“Dengan diadakannya TOT Bimtek PTPS ini kepada seluruh teman-teman Pengawas Pemilu Se-Jakarta Utara hingga ke Staf memiliki pemahaman terkait aturan bagaimana pemungutan dan perhitungan suara harus dilaksanakan,” ujarnya kepada redaksi Rubbik Media.

Ia juga menambahkan bahwa pengawas pemilu harus dapat mendeteksi potensi pelanggaran dan berperan dalam pencegahan.

“Dengan adanya Bimtek ini, mereka bisa juga memberikan pemahaman di sekitarnya seperti kepada PTPS, karena yang dapat melihat potensi pelanggaran dan pencegahan adalah pengawas pemilu yang dapat mengetahui dan menginformasikannya,”tambahnya.

Diharapkan, kegiatan ini dapat memperkaya pengetahuan serta membangun kesadaran akan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi. (amn)

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

PB HMI MPO Angkat Suara Hadapi Tantangan Politik Menjelang Pemilu 2024

12 Februari 2024 - 23:24 WIB

PEDENUS: Hak Pilih Difabel Dijamin UU

2 Februari 2024 - 18:04 WIB

Bawaslu Wajib Lakukan Pembinaan Jajaran Pengawas Pemilu: Upaya Optimis Tingkatkan Kinerja di Pemilu 2024

26 Januari 2024 - 10:30 WIB

Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta Dorong Bawaslu, Pemprov, beserta seluruh Peserta Pemilu Tertibkan APK yang melanggar aturan

19 Januari 2024 - 20:46 WIB

Usai Umumkan Lulus Syarat Berkas Administrasi: Bawaslu Jakarta Barat Lakukan Koordinasi Jelang Persiapan Tahapan Wawancara PTPS

10 Januari 2024 - 20:13 WIB

PE-DE-NUS Kritik Penyelenggara Pemilu, Abaikan Tupoksi, Sibuk dengan Internal Sendiri

3 Desember 2023 - 13:10 WIB

Trending di Pemilu dan Demokrasi