Menu

Mode Gelap
Kabar Gembira! Mendikbudristek Batalkan Kenaikan UKT Mahasiswa Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024

Pemilu dan Demokrasi · 9 Mar 2023 WIB

Alumni SKPP Ikut Pantau Proses Coklit Bersama Lembaga Pemantau Pemilu DEEP DKI Jakarta


 Dok/Istimewa Perbesar

Dok/Istimewa

RUBBIKMEDIA.COM, Jakarta – Alumni Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Jakarta Selatan yang saat ini membentuk Komunitas Masyarakat Muda Cinta Demokrasi (KOMMANDO) bersama Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) DKI Jakarta ikut serta mengawal proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih di wilayah Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (5/3).

Sekertaris Jenderal (Sekjend) Kommando Putra Amin mengungkap kegiatan ini merupakan bentuk konkret pengawasan partisipatif oleh unsur masyarakat dan pemantau pemilu, dimana tujuannya adalah melihat secara langsung proses Coklit di masyarakat, apakah berjalan sesuai dengan prosedurnya atau tidak.

“KOMMANDO tetap konsisten dalam membantu penyelenggara pemilu sebagai implementasi dari pengawasan partisipastif di proses pemilu 2024. Hari ini kami berkolaborasi dengan Panwascam Setiabudi, dan DEEP DKI Jakarta yang juga merupakan pemantau pemilu terakreditasi di Bawaslu untuk bersama-sama mengawal hak pilih masyarakat” ucap Putra.

Putra menyampaikan apresiasi kepada Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Setiabudi yang sudah melibatkan kommando dalam pengawasan proses coklit di wilayah Setiabudi.

“Terima kasih kepada Panwascam Setiabudi yang telah melibatkan kami alumni SKPP Jakarta Selatan yang tergabung dalam KOMMANDO dan DEEP DKI Jakarta dalam mengawal hak pilih masyarakat,” Ungkap Putra.

Senada dengan Putra, Herry Latief selaku Koordinator DEEP DKI Jakarta juga mengucapkan terima kasih kepada Panwascam Setiabudi atas kesempatannya dapat terlibat dalam memantau proses Coklit kali ini.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada panwascam setiabudi yang mau memfasilitasi kami dalam memantau tahapan coklit, serta teman-teman KOMMANDO Jakarta Selatan yang terus semangat menjadi mitra pengawasan partisipatif bersama Bawaslu. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi semangat pula bagi anak muda yang lain untuk ikut terjun secara langsung dalam pemilu 2024. Tak lupa kami memiliki Tagline pada Pemilu ini yaitu #AnakMudaPantauPemilu semoga ini menjadi gerakan yang terus membesar.” Ujar Herry

Ketua Panwascam Setiabudi Rachmadin juga mengapresiasi langkah teman-teman KOMMANDO dan DEEP DKI Jakarta yang ikut mengawasi proses pencoklitan di wilayah Setiabudi.

“Kami Panwascam Setiabudi mengapresiasi teman-teman yang juga masih tergolong anak muda, masih mau mengawasi pemilu bersama kami. Semoga ini menjadi pembelajaran teman-teman agar nantinya dapat mengawal proses pemilu lebih baik dan sesuai dengan prosedur.” ujar Rachmadin.

Rachmadin juga menegaskan kita sebagai warga negara yang memiliki hak pilih juga harus berkontribusi dalam mengawasi dan menjaga hak pilih kita untuk pemilu 2024 nanti.

“Masyarakat bersama Pengawas Pemilu, Pegiat Pemilu dan Pemantau Pemilu ayo sama-sama saling bahu membahu dan bekerjasama satu sama lainnya, dalam menjaga Hak Pilih Masyarakat di proses Coklit menuju Pemilu 2024 yang berintegritas,” ungkapnya.

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

PB HMI MPO Angkat Suara Hadapi Tantangan Politik Menjelang Pemilu 2024

12 Februari 2024 - 23:24 WIB

PEDENUS: Hak Pilih Difabel Dijamin UU

2 Februari 2024 - 18:04 WIB

Bawaslu Jakarta Utara Mengadakan TOT Bimtek PTPS Dalam Kegiatan Penguatan Kelembagaan

31 Januari 2024 - 13:57 WIB

Bawaslu Wajib Lakukan Pembinaan Jajaran Pengawas Pemilu: Upaya Optimis Tingkatkan Kinerja di Pemilu 2024

26 Januari 2024 - 10:30 WIB

Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta Dorong Bawaslu, Pemprov, beserta seluruh Peserta Pemilu Tertibkan APK yang melanggar aturan

19 Januari 2024 - 20:46 WIB

Usai Umumkan Lulus Syarat Berkas Administrasi: Bawaslu Jakarta Barat Lakukan Koordinasi Jelang Persiapan Tahapan Wawancara PTPS

10 Januari 2024 - 20:13 WIB

Trending di Pemilu dan Demokrasi