Menu

Mode Gelap
Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024 Balai Media Kebudayaan Ajak Sineas Indonesia Ikuti Open Call Program Indonesiana.TV

Pemilu dan Demokrasi · 10 Mar 2023 WIB

Bawaslu Jakarta Selatan Dorong TPS Khusus di Lapas Anak


 Bawaslu Jakarta Selatan Dorong TPS Khusus di Lapas Anak Perbesar

Bawaslu Jakarta Selatan menyambangi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta, Rabu 8 Maret 2023 yang terletak di Kelurahan Ciganjur Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan.

Ardhana Ulfa Azis, koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Jakarta Selatan bersama tim datang bertujuan untuk berkoordinasi terkait potensi dibentuknya TPS Khusus di lapas anak ini untuk pemilu 2024.

Bawaslu Jakarta Selatan ingin memastikan kondisi binaan di lapas anak ini yang telah memasuki usia memilih dan memastikan kesiapan LPKA membentuk TPS di lokasi LPKA.

Kunjungan Bawaslu Jakarta Selatan diterima langsung oleh Kepala LPKA Medi Oktafiansyah.

Dok/instagram.com/bawaslujaksel

“ Terdapat 35 anak binaan yang sudah dan akan memasuki usia 17 tahun di tanggal 14 Februari 2024, dan akan ada juga sejumlah staf Pembina yang akan tetap melakukan penjagaan di hari pemilu nanti, dengan begitu kami berharap akan ada TPS Khusus yang dibentuk di lokasi LPKA ini”, tutur Medi Oktafiansyah.

“Karena akan sangat rawan jika binaan kami mencoblos di luar wilayah LPKA ini, lanjut Pak Medi, begitu Kepala Lapas ini biasanya dipanggil.

Memedomani hakekat dari pelaksanaan pemilu yang memberikan hak pilih kepada setiap warga Negara yang sudah memenuhi syarat, maka sudah seharusnya fasilitas memilih harus diberikan terlebih kepada warga potensial pemilih yang berada di lokasi yang tidak bisa mengakses hak pilihnya di tempat umum.

Untuk itu Bawaslu akan melakukan komunikasi dengan KPU untuk mendorong agar LPKA dapat dibentuk TPS Khusus pada pemilu 2024 nanti, demikian hal ini disampaikan oleh Ardhana.

KPU Jakarta Selatan pun telah mendatangai LPKA sebelumnya, dan telah menerima data terkait potensial pemilih di LPKA. Untuk itu akan lebih mudah Bawaslu Jakarta Selatan mengkomunikasikan rencana pembentukan TPS khusus di LPKA ini.

Bawaslu, KPU dan LPKA pada prinsipnya memahami bahwa pemilu harus disukseskan dengan memfasilitasi pemilih yang akan menunaikan hak setiap warga yang sudah memenuhi syarat untuk memberikan suaranya.

Di kunjungan ini, Bawaslu Jakarta Selatan dan rombongan yang terdiri dari Panwas Kelurahan Ciganjur, PPS Ciganjur, dan FKDM Ciganjur yang turut serta, berkesempatan untuk berkomunikasi dengan sejumlah anak binaan dan melihat situasi di lapas ini. (Dwi)

Artikel ini telah dibaca 34 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

PB HMI MPO Angkat Suara Hadapi Tantangan Politik Menjelang Pemilu 2024

12 Februari 2024 - 23:24 WIB

PEDENUS: Hak Pilih Difabel Dijamin UU

2 Februari 2024 - 18:04 WIB

Bawaslu Jakarta Utara Mengadakan TOT Bimtek PTPS Dalam Kegiatan Penguatan Kelembagaan

31 Januari 2024 - 13:57 WIB

Bawaslu Wajib Lakukan Pembinaan Jajaran Pengawas Pemilu: Upaya Optimis Tingkatkan Kinerja di Pemilu 2024

26 Januari 2024 - 10:30 WIB

Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta Dorong Bawaslu, Pemprov, beserta seluruh Peserta Pemilu Tertibkan APK yang melanggar aturan

19 Januari 2024 - 20:46 WIB

Usai Umumkan Lulus Syarat Berkas Administrasi: Bawaslu Jakarta Barat Lakukan Koordinasi Jelang Persiapan Tahapan Wawancara PTPS

10 Januari 2024 - 20:13 WIB

Trending di Pemilu dan Demokrasi