Menu

Mode Gelap
Kabar Gembira! Mendikbudristek Batalkan Kenaikan UKT Mahasiswa Peringatan Hari Film Nasional ke-74 Tuai Sambutan Positif Masyarakat Kemendikbudristek: Pramuka Tetap Menjadi Ekstrakurikuler yang Wajib Disediakan Sekolah Memperingati Hari Film Nasional Tahun 2024, Kemendikbudristek Perkuat Ekosistem Perfilman Indonesia Kemendikbudristek Semarakan Peringatan Hari Film Nasional Tahun 2024

Pemilu dan Demokrasi · 19 Mei 2023 WIB

JPPR Gelar Muda Bicara 4: Membongkar Ancaman Hoaks di Era Digital Menuju Pemilu 2024


 Agenda Muda Bicara 4, pada Senin (15/05/23) di Cafe Surabi Teras, Ciputat, Tangerang Selatan. Perbesar

Agenda Muda Bicara 4, pada Senin (15/05/23) di Cafe Surabi Teras, Ciputat, Tangerang Selatan.

RUBBIKMEDIA.COM, Ciputat – Seknas Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) menggelar Muda Bicara 4 pada Senin (15/05/23) di Cafe Surabi Teras, Ciputat, Tangerang Selatan.

Kegiatan yang dihadiri oleh total 60 orang peserta bertajuk “Menghadapi Ancaman Propagandis Hoaks Menjelang Pemilu 2024”.

Menjelang Pemilu 2024 aktivitas politik di dunia digital kian meningkat. Pemilu 2024 juga berpotensi menjadi panggung kembalinya para propagandis politik (Buzzer) yang telah muncul sejak dekade lalu. Dengan kedok kebebasan berpendapat, mereka menggunakan akun anonim untuk menyebar hoax (disinformasi) yang memecah belah masyarakat.

Dalam pemilu, hoaks sering kali digunakan untuk menjatuhkan rival politik peserta Pemilu lainnya. Sebaliknya, hoaks juga digunakan untuk mengunggulkan salah satu calon peserta Pemilu untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat. Hoaks ini cenderung sengaja disebarluaskan oleh propagandis politik (Buzzer) di tengah masa-masa kampanye.

Koordinator Nasional JPPR yang diwakili Nixigo (Manajer Digitalisasi) dalam pengantarnya menyampaikan kegiatan yang sedang berlangsung dan alasan mengundang unsur kaum muda di Ciputat, Tangerang Selatan.

”Hoax sudah seperti digenggaman tangan karena semua orang menggunakan HP. Tinggal kita bisa memilah memilih informasi. Anak muda juga dapat menjadi korban dan diharapkan dapat memberikan informasi ke orangtua dan keluarga terdekat”, Ujar Nixigo.

Harapannya, masyarakat khususnya kaum muda dapat pengetahuan tentang hoax dan cara menanggulanginya. Selain itu dapat menggali cerita-cerita pengalaman kaum muda tentang hoax dan cara mereka menghadapinya. Kegiatan ini juga sebagai pendidikan bagi pemilih bagi kaum muda khususnya pemilih pemula.

Kegiatan Muda Bicara ke 4 ini dipandu oleh Oom Komariah (Pengurus JPPR) dengan para pemateri Nanny G Uswanas (Asisten Staf Khusus Presiden RI), Rio A Putra (Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia) dan Muh. Fadil Bilad (Ketua SEMA UIN Jakarta). Kegiatan ini juga disiarkan langsung diplatform youtube JPPR.

Artikel ini telah dibaca 121 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

PB HMI MPO Angkat Suara Hadapi Tantangan Politik Menjelang Pemilu 2024

12 Februari 2024 - 23:24 WIB

PEDENUS: Hak Pilih Difabel Dijamin UU

2 Februari 2024 - 18:04 WIB

Bawaslu Jakarta Utara Mengadakan TOT Bimtek PTPS Dalam Kegiatan Penguatan Kelembagaan

31 Januari 2024 - 13:57 WIB

Bawaslu Wajib Lakukan Pembinaan Jajaran Pengawas Pemilu: Upaya Optimis Tingkatkan Kinerja di Pemilu 2024

26 Januari 2024 - 10:30 WIB

Aliansi Pegiat Pemilu Jakarta Dorong Bawaslu, Pemprov, beserta seluruh Peserta Pemilu Tertibkan APK yang melanggar aturan

19 Januari 2024 - 20:46 WIB

Usai Umumkan Lulus Syarat Berkas Administrasi: Bawaslu Jakarta Barat Lakukan Koordinasi Jelang Persiapan Tahapan Wawancara PTPS

10 Januari 2024 - 20:13 WIB

Trending di Pemilu dan Demokrasi